Selasa, 14 Mei 2013

خيار الرؤية ودوره في أحكام البيوع في الفقه الإسلامي

خيار الرؤية ودوره في أحكام البيوع  في الفقه الإسلامي
أ‌.    مقدمة
نحمد الله المتفرد بالجلال والكمال ، له الفضل ، وله الثناء وإليه المآل ، أحمده – سبحانه وتعالى – حمد الشاكرين المقرين بنعمه {وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ اللّهِ} ( ) ({أَلَمْ تَرَوْا أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُم مَّا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً}( ) فلله الحمد ملء السموات ، وملء الأرض ، وملء ما بينهما وملء ما شاء من شيء بعد .
والصلاة والسلام على خير خلق الله أجمعين نبينا وحبيبنا محمد خاتم الأنبياء ، وسيد الفقهاء، وإمام الأتقياء، النبي الأمي الذي دانت له العلماء ، صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم تسليماً كثيراً إلى يوم الدين .. أما بعد:
لا شك أن الفقه الإسلامي من مميزاته وسيماته هو صالح لكل زمان ومكان ، لأنه يستمد أحكامه وأدلته وقواعده من النبع الصافي الذي لا ينضب ولا يكدره شيء، من الشريعة الربانية الخالدة التي اقتضت حكمة الله ومشيئته أن تكون خاتمة للأديان والشرائع السماوية كلها، فما من مجال من المجالات المعاصرة إلا وتجد للشريعة الإسلامية راية ترفع، وكلمة تسمع وهذا يدل على شموليتها وصلاحيتها لكل زمان ومكان .
و من فضل الله وكرمه وجزيل عطائه أن سهل للناس في هذا العصر سبل الحياة وسخر لهم الوسائل والآلات لخدمتهم ، وأسبغ عليهم نعمه الظاهرة والباطنة
{وَإِن تَعُدُّواْ نِعْمَةَ اللّهِ لاَ تُحْصُوهَا إِنَّ اللّهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ } ( ).
قال تعالى ( أحل الله البيع وحرم الربا ) فإن مشروعية البيوع أو التجارة واردة منذ زمن صدرالإسلام ومن حقيقته أن البيع الذي شرعه الله هو في الجانب سهل ميسر وفي الجانب الآخر مطابق لصلاحية الزمان والمكان

Metodologi Penulisan Tafsir Al-Azhar Karya Prof. Dr. Buya hamka

BAB I : PENDAHULUAN
Al-Qur’an merupakan sumber tasyri’ dan hukum yang menuntut kaum muslimin untuk mengetahui, mendalami dan mengamalkan segala isinya. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang halal-haram, perintah dan larangan, etika dan akhlak, dan lainnya, yang kesemuanya itu harus dipedomani oleh mereka yang mengaku menjadikan Al-Qur’an sebagai Kitab Sucinya. Keharusan itu dapat dipahami, karena memegang-teguh ajaran Al-Qur’an merupakan sumber kebahagiaan, petunjuk dan kemenangan di sisi Tuhan berupa surga yang penuh kenikmatan.
 Para Ulama menjelaskan Syari’at atau hukum dalam Al-Qur’an dengan Tafsir. Oleh karena itu Ilmu pertama yang lahir sejak awal kemunculan Islam adalah Tafsir. Begitu banyak buku tafsir yang dapat kita jumpai sekarangan ini namun tafsir yang bernuansa Indonesia dan ditulis oleh para Ulama Indonesia masih terbilang sedikit, di antaranya adalah Tafsir Al-Azhar sebentar lagi kita akan membahasnya.
Abstrak
    Dalam rentang waktu 14 abad, Tafsir  Al-Qur’an memiliki peran yang sangat besar dalam perjalanan Sejarah Peradaban Islam pun para ahli tafsir yang punya andil dalam mentafsirkan Al-Qur’an Al-Karim.  Namun demikian, kebutuhan masyarakat akan Tafsir Al-Qur’an Al-Karim masih sangat tinggi. Oleh karena itu para ulama kontemporen berusaha menghadirkan tafsir-tafsir yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan menjadi solusi untuk permasalahan- permasalahan umat. Diantara tafsir tersebut adalah tafsir Al-Azhar karya Prof. Dr. Buya Hamka.