Sabtu, 14 Oktober 2017

Halaqah atau Liqa’ (Al-Qur’an), bolehkah? Oleh Derysmono, Lc, S.Pdi, MA

Halaqah atau Liqa’ (Al-Qur’an), bolehkah?
Oleh Derysmono, Lc, S.Pdi, MA

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah wassholatu a’la Muhammad Shalallahu A’laihi Wasallam wa A’la Alihi wa shaobihi Ajma’in.

Sekilas akan penulis jelaskan arti halaqah, yang keterangannya diambil dari beberapa sumber;
Secara bahasa halaqah artinya lingkaran, dalam hal ini berarti lingkaran orang-orang yang duduk bersama dalam suatu majelis pengajian untuk bersama-sama mengkaji dan mempelajari Islam. Dalam bahasa yang lebih populer bisa juga disebut sebagai pengajian atau majelis taklim.
Halaqah adalah proses belajar mengajar yang dilaksanakan murid-murid dengan melingkari guru yang bersangkutan. Biasanya duduk dilantai serta berlangsung secara kontinu untuk mendengarkan seorang guru membacakan dan menerangkan kitab karangannya atau memberi komentar atas karya orang lain. (Hanun Asrohah)

Metode halaqah atau wetonan adalah metode yang di dalamnya terdapat seorang kyai yang membaca kitab dalam waktu tertentu, sedangkan santrinya membawa kitab yang sama, lalu santri mendengarkan dan menyimak bacaan kiyai. Metode ini dapat dikatakan sebagai proses belajar mengaji secara kolektif. (Hasbullah)

Halaqah adalah sebuah istilah yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan, khususnya pendidikan atau pengajaran Islam (tarbiyah Islamiyah). Istilah halaqah (lingkaran) biasanya digunakan untuk menggambarkan sekelompok kecil Muslim yang secara rutin mengkaji ajaran Islam. Jumlah peserta mereka dalam kelompok kecil tersebut berkisar antara 3-12 orang. Mereka mengkaji Islam dengan manhaj (kurikulum) tertentu. Biasanya kurikulum tersebut berasal dari murabbi/naqib yang mendapatkannya dari jamaah (organisasi) yang menaungi halaqah tersebut. Di beberapa kalangan, halaqah disebut juga mentoring, ta’lim, pengajian kelompok, tarbiyah atau sebutan lainnya. (Satria hadi Lubis)

Bagaimana Hukumnya?
Pertama : boleh hukumnya
Hukum halaqah ilmu adalah boleh, berdasarkan pendapat An-Nawawi rahimahullah, menurut beliau ini adalah pendapat Jumhur. Sebagian ulama lain mentakwilkan pendapat beliau (An-Nawawi rahimahullah) termasuk juga berkumpul di sekolah-sekolah, perkumpulan-perkumpulan. Termasuk juga Daar Ifta’ Mishriyyah (Majelis Fatwa Mesir) yang membolehkan.
Berikut penulis lampirkan ulasan penjelasan mereka;
قال النووي: في هذا دليل  (وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه...الخ) لفضل الاجتماع على تلاوة القرآن في المسجد وهو مذهبنا ومذهب الجمهور… وتأوله بعض أصحابه ويلتحق بالمسجد في تحصيل هذه الفضيلة الاجتماع في مدرسة ورباط ونحوهما إن شاء ….(مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح)
An-Nawawi Berkata: ini adalah dalil (“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya…) Menunjukkan keutamaan berkumpul untuk membaca al-qur’an  di masjid, itu adalah pendapat kami dan mazhab jumhur. … dan sebagian dari ulama lain mentakwilkan pendapat beliau dan termasuk membuat halaqah di masjid untuk mendapatkan dahilah ini, berkumpul di sekolah/madrasah, dan perkumpulan, dan semisal keduanya, insya Allah, (muro’at al-mafatih syarh misykat al-mashabih)


ومما لاشك فيه ان الصحابة الكرام ما كانو يقرؤون القرآن جماعة بل كان من هديهم رضي الله عنهم اتباع سنة المصطفى والكتاب الحكيم مطبقين بذالك قوله تعالى : وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآَنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ (الأعراف 204)
ولو كان عكس ذالك لنقل ذالك الينا كما نقل عنهم كل مافيه قربى الى الله سبحانه وتعالى وما ليس عندهم بقربى الى الله فهو عند اهل السنة مردود بل هو من البدع لقوله صلى الله عليه وسلم : من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد متفق عليه ، وقوله : من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد (مسلم )
Tidak diragukan lagi bahwa para sahabat yang mulia dahulu mereka membaca al-qur’an bersama-sama bahkan di antara manhaj mereka radhiyallahu anhum mengikuti sunnah al-musthofa dan Al-Qur-an al-hakim, sesuai dengan firman Allah, jika dibacakan AL-Qur’an maka dengarkan dan diamlah agar kalian mendapat rahmat (QS. Al-A’raf: 204)

Jikalau sebaliknya, niscaya diriwayatkan kepada kita sebagaimana yang telah mereka riwayatkan tentang mereka setiap apa yang ada di dalamnya pendekatan kepada Allah subhanahu watala, dan tidaklah suatu yang tidak ada (hal yang mengada-ngada) pada mereka maka itu menurut ahlu sunnah adalah tertolak, bahkan termasuk bid’ah berdasarkan sabda Nabi Shalallahu A’laihi Wasallam : “barang siapa yang mengada-ada dalam urusan kami ini dan tidak termasuk darinya, maka ia tertolak” (muttafaq a’laihi) dan dalam riwayat lain, “barang siapa yang beramal dengan amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka itu tertolak” HR. Muslim

وجاء في كتاب جامع العلوم والحكم لابن رجب في شرح الحديث الذي رواه مسلم (2699) والامام احمد وغيرهما ان النبي صلى الله عليه وسلم قال : .. وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه فيما بينهم الا نزلت عليهم السكينة ، وحفتهم الملائكة ،وغشيتهم الرحمة ،وذكرهم الله فيمن عنده
قال زين الدين محمد المدعو بعبد الرؤوف بن تاج العارفين: ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله  أَي مَسْجِد وَألْحق بِهِ نَحْو مدرسة ورباط (التيسير بشرح الجامع الصغير)
Zainuddin yang dikenal dengan Abdurrauf; mengatakan yang dimaksud tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah, adalah masjid, dan termasuk juga madrasah, perkumpulan.
 وقال أيضا أي مسجد وألحق به نحو مدرسة ورباط فالتقييد بالمسجد غالبي فلا يعمل بمفهومه (يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم) أي يشتركون في قراءة بعضهم على بعض وكثرة درسه ويتعهدونه خوف النسيان وأصل الدراسة التعهد وتدارس تفاعل للمشاركة...الخ (فيض القدير شرح الجامع الصغير)
Dalam penjelasan di kitab At-Taisir bi syahri al-jami’ as-Shaghir dan faidh al-qadiir syarh al-jami’ al-shaghir bahwa maksud dari hadist“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah…” tempatnya masjid, termasuk juga madrasah atau kelompok.

الاجتماع للقراءة وهو جائز لأنه من أعمال البر والخير، وهو داخل في عموم قوله  صلى الله عليه وسلم: "وما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه بينهم إلا نزلت عليهم السكينة وغشيتهم الرحمة وحفتهم الملائكة وذكرهم الله فيمن عنده"
berkumpul untuk membaca (Al-Qur’an) adalah boleh karena itu termasuk perbuatan baik dan kebajikan,  itu termasuk dari keumuman hadist, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)
وقد ذهب إلى جواز الاجتماع للقراءة أكثر العلماء. (فتاوى دار الإفتاء المصرية)
Dan telah berpendapat banyak ulama tentang bolehnya berkumpul untuk membaca (Al-Qur’an) (Fatawa Daar Ifta’ Mesir)

وقال النووي: يستحب الجلوس في حلق الذكر، ‏وأورد الحديث الذي رواه مسلم والترمذي والنسائي من حديث معاوية بن أبي سفيان ‏ عَنْ مُعَاوِيَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ عَلَى حَلَقَةٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَقَالَ مَا أَجْلَسَكُمْ ؟ قَالُوْا جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ وَنَحْمَدُهُ عَلَى مَا هَدَانَا لِلإِسْلاَمِ وَمَنَّ بِهِ عَلَيْنَا قَالَ آللهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلاَّ ذَاكَ ؟ قَالُوْا وَاللهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلاَّ ذَاكَ قَالَ أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ وَلَكِنَّهُ أَتَانِي جِبْرِيْلُ فَأَخْبَرَنِي أَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يُبَاهِي بِكُمُ الْمَلاَئِكَةَ (رواه مسلم والترمذي والنسائي)

An-Nawawi rahimahullah berkata, dianjurkan duduk di halaqah zikr, berdasarkan hadist berikut;
"Rasulullah Saw keluar menemui sekelompok para sahabat. Beliau bertanya: Apa yang membuat kalian duduk disini? Mereka menjawab: Kami duduk disini untuk berdzikir kepada Allah, kami memujinya atas limpahan hidayah agama Islam kepada kami dan telah memberi anugerah kepada kami. Rasulullah bertanya: Demi Allah, apakah tidak ada tujuan lain? Sahabat menjawab: Demi Allah kami tidak punya tujuan lain. Rasulullah bersabda: Saya tadi bersumpah bukan karena berprasangka buruk pada kalian, tetapi karena Jibril datang kedapaku dan mengabarkan bahwa Allah mmembanggakan kalian kepada para malaikat" (HR Muslim No 6956, Ahmad No 16960, al-Turmudzi No 3379 dan al-Nasa'i dalam al-Sunan al-kubra VIII/249)

Perkedua: hukumnya boleh tapi bersyarat
Yang berpendapat ini adalah Ibnu Taimiyyah dan Bin Baz rahimahumallah.
وقال ابن تيمية: ( الاجتماع على القراءة والذكر والدعاء حسن إذا لم يتخذ سنة راتبة، ‏ولا اقترن به منكر من بدعة.)‏
Ibnu Taimiyyah Rahimahullah berkata: “berkumpul untuk membaca Al-Qur’an, Dzikir, dan do’a adalah baik jika belum dijadikan sunnah ratibah  dan tidak berbarengan dengan kemungkaran, karena itu bid’ah”. Adapun maksud dengan sunnah ratibah menurut al-khatib As-Syarbini dalam mughnil muhtaj; menurut pendapat yang masyhur adalah yang berbarengan dengan fardhu-fardhu, ada juga yang mengatakan; apa yang telah ada waktunya.

دروس عليمة وحلقات علمية يستفيد بها الجالس ويستفيد بها المستمع، ويستفيد منها الباحث هكذا كان أهل العلم في حلقات العلم، يبحثون ما دلت عليه الآيات، ويبحثون ما دلت عليه الأحاديث، ويتذاكرون في العلم، هذا هو المطلوب، وهو الذي جاءت به الأحاديث، ويكون بذلك تسبيح وتهليل وصلاة على النبي -عليه الصلاة والسلام-، وذكر لله -عز وجل- وثناءٌ عليه، عند قراءة الآيات وعند سماع الآيات وعند سماع الأحاديث عن رسول الله -عليه الصلاة والسلام-، مع ما في هذا من العلم وتفقهٍ في الدين، وتواصي بالحق والصبر عليه، هذا هو المشروع لأهل الإيمان، وهذا هو الذي عليه السلف في مساجدهم وفي بيوتهم وفي مدارسهم وفي حلقات العلم التي يقيمونها، كل ذلك مقصوده الفقه في الدين، والتبصر في دين الله، والتعاون على البر، والتقوى والتفقه في معنى كلام الله وكلام رسوله -عليه الصلاة والسلام-، والتذكير بنعم الله على عباده، وما يدخل في هذا المعنى.لكن ما تفعله الصوفية من الاجتماعات الخاصة بصوت خاص، وعوائد خاصة، ليس له أصلٌ في الشرع المطهر. فتوى ابن باز رحمه الله

Pelajaran dan halaqah ilmiyah adalah tempat Dimana para orang yang duduk dan pendegar mengambil manfaat darinya, termasuk juga orang yang peneliti, demikianlah ahli ilmu di halaqah-halaqah ilmu, mereka membahas apa yang ditunjukkan oleh ayat-ayat Al-Quran dan Hadist-hadist, dan saling belajar tentang ilmu, inilah yang seharusnya, dan inilah yang dimaksudkan dalam hadist, demikian pula tasbih, tahlil, dan shalawat kepada Nabi, Shalallahu A’laihi Wasallam, dan dzikir kepada Allah, baik ketika membaca alquran maupun mendengarkannya, dan mendengarkan hadist, bersamaan di dalamnya terdapat ilmu dan memperdalam agama, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, inilah yang disyariatkan untuk ahli ilmu, inilah yang menjadi landasan para salaf di masjid-masjid mereka, di rumah-rumah mereka, dan di halaqah-halaqah ilmu yang mereka laksanakan, semua bermaksud untuk memahami agama Islam, dan mendalami agama, dan saling tolong menolong dalam kebaikan, taqwa dan tafaqquh termasuk juga dalam memahami kalam Allah dan Rasul-Nya, dan mengingatkan nikmat Allah pada hamba-Nya, termasuk juga dalam makna ini, namun apa yang dilakukan oleh orang sufi dan perkumpulan khusus dengan satu suara, dengan ketentuan khusus, tidak ada dasarnya dalam Agama.   
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء (السؤال الأول من الفتوى رقم: 8925 )

Fatwa Lajnah Daimah
س1: هناك معهد وبالقرب منه مسجد يقرأ فيه كل ليلة صلاة العشاء طالب من المعهد جزءا من القرآن يهدف إلى تدريب الطلبة على الدعوة ومواجهة الجماهير، فهل التزام هذه القراءة يعد من البدع؟
Penanya : ada ma’had yang di dekat dengan masjid di sana ada kegiatan membaca (Al-Quran) setiap malam ba’da Isya, satu orang siswa mahad membaca 1 juz AL-Qur’an dan dimaksudkan agar melatih para siswa untuk berdakwah dan terjun ke masyarakat, apakah melakukan bacaan seperti ini termasuk bid’dah?
ج1: إذا كان الواقع كما ذكر من القصد إلى تدريب الطلبة على الدعوة ومواجهة الجماهير فالتزام ذلك ليس ببدعة، بل هو كتنظيم شهور للدراسة بالمعاهد والجامعات، ووضع الجدول للدراسة يسير عليه المدرسون والطلاب لضبط العمل وتنظيمه. وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
Jawaban : jika itu adalah kenyataannya dimaksudkan agar melatih para siswa untuk berdakwah dan terjun ke masyarakat, maka itu bukan bid’ah, akan tetapi itu adalah agenda bulanan yang ada di sekolah, mahad dan universitas, dan adanya jadwal dimana para guru dan murid melaksanakannya untuk merapikan pekerjaan dan menyempurkannya.
Ketiga : Makruh
Adapun yang memakruhkan ini adalah Imam Malik rahimahullah.
وقال مالك: يكره. (مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح)

Imam malik berkata: hukumnya makruh.
وقال ابن تيمية رحمه الله تعالى  في الفتاوى الكبرى :وقراءة الإدارة حسنة عند أكثر العلماء، ومن قراءة الإدارة قراءتهم مجتمعين بصوت واحد وللمالكية وجهان في كراهتها ، وكرهها مالك ، وأما قراءة واحد والباقون يتسمعون له فلا يكره بغير خلاف وهي مستحبة ، وهي التي كان الصحابة يفعلونها : كأبي موسى وغيره .اهـ
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkat dalam fatwa kubranya, membaca (Al-Qur’an) secara bergantian adalah baik menurut kebanyakan para ulama, dan dari bacaan itu bergantian itu orang berkumpul untuk membaca lalu dibaca dengan suara bersama, dan bagi malikiyyah ada dua pendapat, pendapat pertama hukumnya makruh, dan Imam Malik memakruhkan hal itu, adapun jika cara bacanya salah satu membaca dan yang lain mendengar maka tidak makruh, pendapat ini tidak ada yang menyalahinya, bahkan ia dianjurkan, dan itulah yang dilakukan oleh para sahabat, sebagaimana Abu Musa radhiyallahu anhu dan yang lainnya.
Keempat: tidak boleh, termasuk bid’ah
Diantara yang tidak membolehkan: adalah Asy-Syatibi, Zaid bin Ubaid, Ibnu Wahb rahimahumullah,

‏ والاجتماع على القراءة والذكر بصوت واحد عده الشاطبي مثالاً على الابتداع في هيئات العبادات ‏وكيفياتها، قال رحمه الله: (ومنها- أي البدعة الإضافية - التزام الكيفيات والهيئات المعينة كالذكر ‏بهيئة الاجتماع على صوت واحد… ومنها التزام العبادات المعينة في أوقات معينة لم يوجد لها ذلك التعيين في الشريعة )
Berkumpul untuk membaca Al-Qur’an dan Dzikir dengan satu suara dihitung oleh As-Syathibi sebagai sebuah bid’ah dalam bentuk ibadah dan pelaksanaannya, ia berkata rahiamaullah: dan diantaranya bid’ah tambahan ;  selalu melaksanakan tata cara dan bentuk-bentu tertentu seperti dzikir dengan bentuk berkumpul dengan satu suara (membaca bersama) pada waktu tertentu dimana tidak ada dasarnya penentuan itu dalam syariat.

والمأثورات كتاب يحوي ذكراً وأدعية مأثورة عنه صلى الله عليه وسلم، وفيه بعض ‏الأحاديث الضعيفة، فالاجتماع لا بأس به إذا لم يتخذ الاجتماع لقراءة ما صح منها عادة ولم يحدد لها ‏وقت ثابت لا يتغير، وإذا لم يقترن بذلك منكر أوبدعة ، كالذكر الجماعي بصوت ‏واحد، فإنه لم ينقل عن أحد من سلف الأمة، ولعل من أطلق كراهة الاجتماع للذكر أراد ‏به سد ذريعة الذكر الجماعي الذي اشتهر به الصوفية فيما بعد.
Al-Ma’tsurat adalah buku yang memuat dzikir dan doa yang berasal dari rasulullah shalallahu a’laihi wasalam diantaranya ada hadits dhaif.  Perkumpulan (untuk menace itu) tidaklah mengapa hukumnya jika membaca hadist yang shahih, dan tidak ditentukan waktunya secara tetap dan tidak berubah-rubah, jika tidak berbarengan dengan hal itu maka terbilang bid’ah. Seperti dzikir jama’I dengan satu suara, karena itu belum diriwayatkan oleh salaf ummah, semoga jika ada yang mengatakan hukumnya makruh itu tujuannya saad dzari’ah (Sadd Adz-Dzari'ah adalah mencegah sesuatu perbuatan agar tidak sampai menimbulkan mafsadah (kerusakan). Penggunaan terhadap mafsadah dilakukan karena ia bersifat terlatang.) dzikir jama’I yang dikenalkan oleh Ahli Sufi di masa kemudian.
وقال زيد بن عبيد الدمشقي قال لي مالك بن أنس بلغني أنكم تجلسون حلقا تقرؤون فأخبرته بما كان يفعل أصحابنا فقال مالك عندنا كان المهاجرون والأنصار ما نعرف هذا ! قال فقلت هذا طريف قال وطريف رجل يقرأ ويجتمع الناس حوله فقال هذا من غير رأينا..
.. وقال ابن وهب سمعت مالكا يقول لم تكن القراءة في المسجد من أمر الناس القديم وأول من أحدث ذلك في المسجد الحجاج بن يوسف الثقفي .." )
Zaid bin Ubaid Ad-Dimasyqi berkata: berkata kepada ku Malik bin Anas: telah sampai kepada kabar bahwasannya kalian duduk-duduk melingkar (halaqah) kalian membaca (Al-Qur’an) maka aku kabarkan tentang apa yang dahulu dilakukan oleh para sahabat kami maka Malik berkata pada masa kami terdapat para muhajirin dan anshar, kami tidak kenal ini (halaqah)!! Ia berkata: maka aku katakan ini aneh, ia berkata: yang aneh adalah seseorang membaca (Al-Qur’an) dan orang-orang mengelilinginya  maka ia (Imam Malik) berkata; ini bukanlah termasuk pendapat kami (yang membolehkannya).
Ibnu Wahb saya mendengar dari Imam Malik rahimahullah ia berkata membaca Al-Qur’an di masjid bukanlah kebiasaan orang-orang terdahulu, adapun yang memulai hal itu di Masjid Al-Hajjaj ibn At-Tsaqafi..”

Setelah adanya penjelasan-penjelasan di atas, penulis lebih merajihkan pendapat pertama yang membolehkan Halaqah atau Liqa baik itu halaqah Qur’an, Halaqah ilmu, halaqah lainnya lainnya selama dalam kebaikan dan dibolehkan oleh syariat, adapun pilihan ini, tentu tidak mengurangi rasa hormat penulis kepada ulama-ulama kibar dan mu’tabar rahimahumullah yang lain yang tidak sependapat dengan pendapat pertama, karena ilmu penulis tidak sebanding dengan mereka seujung kukupun. Adapun pembaca dapat bijak melihat pendapat dan dalil-dalil yang digunakan, tentu tidak sertamerta menyalahkan pendapat orang lain yang berbeda pedapatnya.

Adapun kenapa teks asli penulis cantumkan, agar pembaca yang mengerti bahasa arab dapat membaca langsung teks itu, dan memahaminya. Tentulah tulisan ini sangatlah kurang dari kata sempurna, masih banyak kekurangan. Dengan senang hati, penulis menerima masukan. Wallahu A’lam.

Mohon do’aka penulis agar segera diberikan kesehatan dan kesembuhan karena beberapa hari ini tidak fit. Syukron Wajazakumullah Khairan.

Referensi:
زين الدين محمد المدعو بعبد الرؤوف بن تاج العارفين الحدادي، التيسير بشرح الجامع الصغير، مكتبة الإمام الشافعي – الرياض، 1408هـ - 1988م)
زين الدين محمد المدعو بعبد الرؤوف بن تاج العارفين الحدادي، فيض القدير شرح الجامع الصغير، المكتبة التجارية الكبرى – مصر، 1356ه)
 أبو الحسن عبيد الله بن محمد عبد السلام المباركفوري، مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح، إدارة البحوث العلمية والدعوة والإفتاء - الجامعة السلفية - بنارس الهند، 1404 هـ، 1984 م)
Satria Hadi Lubis, Menggairakan Perjalanan Halaqah: Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full Manfaat, Pro You, Yogyakarta, 2011, hlm. 16.  
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1999, hlm. 26.
https://pendidikansunnah.wordpress.com/2015/01/23/arti-dan-sejarah-halaqah/. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2017 pukul 09.41
http://www.awqaf.gov.ae/Fatwa.aspx?SectionID=9&RefID=24339 Diakses pada tanggal 14 Oktober 2017 pukul.10.15
http://www.binbaz.org.sa/noor/769. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2017 pukul.10.25
http://www.al-eman.com. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2017 pukul. 18.56
http://www.masjidalhikmahnewyork.org/index.php?option=com_content&view=article&id=49&Itemid=61&lang=in. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2017 pukul. 19. 19

Tidak ada komentar: