Kamis, 28 Agustus 2014

Percakapan Bahasa Arab Di Masjid

Percakapan Bahasa Arab Di Masjid
Bahasa Indonesia
العربية
Assalamualaikum
السّلاَمُ عَلَيْكُمْ
Waa’laikumussalam
وَعَلَيْكُمْ السّلاَمُ
Apa yang sedang kamu lakukan wahai,…..?
مَاذَا تَفْعَلُ  يَا..........؟
Saya sedang membaca Al-Qur’an
أنَا أَقْرَأُ القُرْآنَ
Surat apa yang sedang kamu baca ?
أَيَّ سُوْرَةٍ تَقْرَؤُهَا ؟
Surat ................
أَقْرَأُ سُوْرَةَ ..................
Sudahkan kamu hafal surat ini ?
هَلْ حَفِظْتَ هَذِهِ السُّوْرَةَ؟
Iya saya hafal surat ini
نَعَمْ، حَفِظْتُ هَذِهِ السُّوْرَةَ
Apakah kamu hafal sebagian atau semuanya ?
هَلْ حَفِظْتَ بَعْضَهَا أَوْ كُلَّهَا ؟
Saya hafal semuanya
حَفِظْتُ كُلّهَا والحَمْدُ للهِ
Kalau begitu, apakah kamu sedang mengulangi hafalanmu?
إِذَنْ ، هَلْ تُرَاجِعُ حِفْظَكَ؟
Iya, saya sedang mengulangi hafalan saya
نَعَمْ، أُرَاجِعَ حِفْظِيْ
Lalu apakan kamu sudah hafal surat ini?
وَهَلْ حَفِظْتَ هَذِهِ السُوْرَةَ يَا....... ؟
Alhamdulillah, saya sudah menghafal sebagiannya dan sedang menyempurnakan surah ini
الحَمْدُ لله، حَفِظْتُ بَعْضَهَا وَأُكْمِلُ حِفْظَهَا
Apakah kamu senang menghafal  Al-Qur’an ?
هَلْ تُحِبُّ حِفْظَ القُرْآنَ ؟
Iya, saya menyenanginya dan apakah kamu juga menyenanginya?
نَعَمْ، أُحِبُّهُ وَالحَمْدُ لله، وَهَلْ تُحِبُّهُ أَيِْضًا ؟
Iya, saya juga menyenanginya akan tetapi saya tidak seperti kamu,  saya tidak cepat menghafalnya
نَعَمْ، أَنَا أُحِبُّهُ أَيْضًا وَلًكِنِّي  لِلأسَفِ  لُسْتُ مِثْلَكَ، أَنَا بَطِيْئٌ فِيْ الحِفْظِ
Semoga Allah memudahkan kamu menghafal Al-Qur’an
عَسَى اللهُ أَنْ يُسَهِّلَكَ لِحِفْظِ القُرْآنِ يا أَخِيْ
Dan mudah-mudahan kamu juga demikian
الله يُسَهِّلُكَ لَهُ أَيْضًا
Terima kasih akhi
شُكْرًا لَكَ أَخِي....
Sama-sama
عَفْوًا
Sampai jumpa
مَعَ السلامة
Sampai jumpa
مَعَ السلامة