Selasa, 26 Agustus 2014

ADAWAT AL-ISTIFHAM (Kata Tanya)

أَدَوَاتُ الاِسْتِفْهَام
ADAWAT AL-ISTIFHAM (Kata Tanya)

Di bawah ini dicantumkan sejumlah Kata Tanya dengan contohnya masing-masing dalam kalimat beserta contoh jawabannya:

Kata Tanya
 Contoh Kalimat Tanya
 Contoh Jawaban
هَلْ / أَ هَلْ أََنْتَ مَرِيْضٌ ؟ لاَ، أَنَا فِيْ صِحَّةٍ
(=apakah)
 (=apakah engkau sakit?)
 (=tidak, saya sehat)

مَاذَا / مَا
 مَاذَا تَكْتُبُ ؟
 أَكْتُبُ رِسَالَةً

(=apa)
 (=apa yang kau tulis?) (=aku menulis surat)

مَنْ ذَا / مَنْ
 مَنْ كَتَبَ هَذَا ؟
 أَحْمَدُ كَتَبَ هَذَا
(=siapa)
 (=siapa yang menulis ini?)
 (=Ahmad yang menulis ini)

أَيَّةُ / أَيُّ
 أَيُّ قَلَمٍ تُحِبُّ ؟ أُحِبُّ قَلَمَ اْلأَسْوَدِ
(=yang mana)
 (=pena yang mana kau suka?) (=aku suka pena yang hitam)
مَتَى
 مَتَى تَذْهَبُ ؟
 أَذْهَبُ غَدًا

(=kapan)
 (=kapan engkau pergi?)
 (=aku pergi besok)
أَيْنَ
 أَيْنَ تَذْهَبُ ؟
 أَذْهَبُ إِلَى الْقَرْيَةِ

(=dimana)
 (=dimana engkau pergi?)
 (=aku pergi ke kampung)

كَيْفَ
 كَيْفَ تَذْهَبُ ؟
 أَذْهَبُ بِالْحَافِلَةِ
(=bagaimana)
 (=bagaimana engkau pergi?)
 (=aku pergi dengan bus)

كَمْ
 كَمْ يَوْمًا تَذْهَبُ ؟ أَذْهَبُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ
(=berapa)
 (=berapa hari engkau pergi?)
 (=aku pergi selama tiga hari)

لِمَاذَا / لِمَا
 لِمَاذَا تَأَخَّرْتَ ؟
 الطَّرِيْقُ مُزْدَحِمَةٌ

(=mengapa)
 (=mengapa kau terlambat?) (=jalanan macet)

لِمَ
 لِمَ سَأَلْتَ ذَلِكَ ؟
 حَقِيْقَةً لاَ أَفْهَمُ
(=kenapa)
 (=kenapa kau bertanya itu?)
 (=sungguh aku tidak paham)
لِمَنْ
 لِمَنْ هَذَا الْقَلَمُ ؟
 هَذَا قَلَمُ أَحْمَدِ
(=punya siapa)
 (=kepunyaan siapa pena ini?)
 (=ini pena Ahmad)


Buatlah sendiri kalimat-kalimat tanya dari setiap kata-kata tanya di atas!

Tidak ada komentar: