Senin, 01 September 2014

Biografi As-Sa'di




Biografi As-Sa'di
                Nama lengkapnya adalah Asy Syaikh Abu Abdillah Abdurrahman bin Naashir bin Abdullah bin Nashir As Sa’di dari Bani Tamim, beliau dilahirkan di kota Unaizah berada di daerah Qosin (sekarang di kerajaan Saudi Arabia) pada tanggal 12 Muharram 1307 H atau 1886 M. Beliau ditinggalkan ibunya ketika 4 tahun dan bapaknya meninggalkan ia ketika berumur 7 tahun. Beliau telah Hafizh (Al-Qur’an) sebelum usianya 11 tahun.
                Beliau telah belajar ke beberapa guru diantaranya:
- Asy Syaikh Ibrahim bin Muhammad bin Haasir
- Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Kariim Asy Syibl
- Asy Syaikh Shalih bin Utsman, qadi Unaizah,
- Asy Syaikh Muhammad Asy Syinqiti
                Beliau adalah gurunya Ibnu Taymiyyah dan muridnya Ibnul Qayyim. Dia memiliki karakteristik yang bersifat mulia, beliau begitu ramah, beliau tidak peduli dengan dunia godaan di dunia baik itu kekuasaan maupun kemewahan.
Beliau menulis beberapa karya yaitu:
·         Al Adillati wal Qawathi’ wal Baraahin fi Ibthali Ushulul Mulhidin
·         Al Irsyad ila Ma’rifatil Ahkam
·         Intisharul Haq
·         Bahjahtu Qulubil Abrar wa Qurratu Uyunil Akhyar fi Syarhi Jawami’ul Akhbar (telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Mutiara Hikmah Penyejuk Hati, Syarah 99 Hadits Pilihan” oleh Al Ustadz Harits Abrar Thalib, Penerbit Cahaya Tauhid Press)
·         At Ta’liq wa Kasyfun Niqaab ala Nizhami Qawaidul I’rab
·         Taudhih Al Kaafiyah Asy Syafiyah
·         Taudhihu wal Bayaan li Sajaratil Iman
·         Haasyiyah Fiqhiyah
·         Diiwan Khutab
·         Al Qawaidul Hisan
·         Tanzihuddin

Salah seorang murid beliau adalah:
-          Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin beliau mempelajari ilmu tauhid, tafsir, hadits, fiqih, ushul fiqh, ilmu waris, musthalah hadits, nahwu dan sarf.
-           

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin beliau berkata , “Saya banyak sekali terpengaruh dengan metode beliau dalam mengajar dan menyampaikan ilmu, bagaimana mempermudah murid-murid beliau agar bisa memahami dengan beragam contoh dan makna-makna. Dan saya juga terpengaruh dengan akhlak beliau karena Asy Syaikh Abdurrahman rahimahullah adalah orang yang memiliki akhlak yang sangat mulia, beliau rahimahullah banyak sekali ilmu dan ibadahnya, beliau terkadang bersenda gurau dengan yang lebih muda, bermurah senyum dengan yang lebih tua. Dia adalah salah seorang yang kulihat paling baik akhlaknya.”
Beliau telah melewati rintangan hidupnya dan di akhiri pada tanggal 24 Jumadits Tsani tahun 1376 H/ 1955 H.
Sumber: http://ulamasunnah.wordpress.com/2009/05/09/biografi-asy-syaikh-abdurrahman-bin-nashir-as-sadi/

Tidak ada komentar: