Al-IMAM ASY-SYAUKANI (1172-1250 H)
Selasa, 19 Desember 2006 - Pukul: 18:00 WIB
Beliau adalah al-Imam al-Qadhi Abu Ali Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Abdullah asy-Syaukani, ash-Shan'ani Rohimahullah.
Beliau Rohimahullah dilahirkan pada tengah hari 28 Dzulqa'dah 1172 H di Hijratu Syaukan, Yaman.
Beliau tumbuh di bawah asuhan ayahandanya dalam lingkungan yang penuh dengan keluhuran budi dan kesucian jiwa. Beliau belajar al-Qur'an di bawah asuhan beberapa guru dan mengkhatamkan di hadapan al-Faqih Hasan bin Abdullah al-Habl dan beliau memperdalam kepada para masyayikh al-Qur'an di Shan'a. Kemudian beliau menghafal berbagai matan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti: al-Azhar oleh al- Imam al-Mahdi, Mukhtashar Faraidh oleh al-Ushaifiri, Malhatul Hariri, al-Kafiyah asy-Syafiyah oleh Ibnul Hajib, at-Tahdzib oleh at-Tifazani, at-Talkhish fi Ulumil Balaghah oleh al-Qazwaini, al-Ghayah oleh Ibnul Imam, Manzhumah al-Jazari fil Qira'ah, Manzhumah al-Jazzar fil 'Arudh, Adabul Bahts wal Munazharah oleh al-Imam al-'Adhud.
Pada awal belajarnya beliau banyak menelaah kitab-kitab tarikh dan adab. Kemudian beliau menempuh perjalanan mencari riwayat hadits dengan sama' dan talaqqi kepada para masyayikh hadits hingga beliau mencapai derajat imamah dalam ilmu hadits. Beliau senantiasa menggeluti ilmu hingga berpisah dari dunia dan bertemu Rabbnya.
Guru-guru Beliau:
Di antara guru-guru beliau ialah:
1. Ayahanda beliau yang kepadanya beliau belajar Syarah al-Azhar
dan Syarah Mukhtashar al-Hariri.
2. as-Sayyid al-Allamah Abdurrahman bin Qasim al-Madaini, beliau
belajar kepadanya Syarah al-Azhar.
3. al-Allamah Ahmad bin Amir al-Hadai, beliau belajar kepadanya
Syarah al-Azhar.
4. al-Allamah Ahmad bin Muhammad al- Harazi, beliau berguru
kepadanya selama 13 tahun, mengambil ilmu fiqih, mengulang-ulang Syarah al-Azhar
dan hasyiyahnya, serta belajar bayan Ibnu Muzhaffar dan Syarah an-Nazhiri dan
hasyiyahnya.
5. as-Sayyid al-Allamah Isma'il bin Hasan,
beliau belajar kepadanya al-Malhah dan Syarahnya.
6. al-Allamah Abdullah bin Isma'il as-Sahmi, beliau belajar
kepadanya Qawaidul I'rab dan Syarahnya serta Syarah al-Khubaishi 'alal Kafiyah
dan Syarahnya.
7. al-Allamah al-Qasim bin Yahya al-Khaulani, beliau belajar
kepadanya Syarh as-Sayyid aI-Mufti 'alal Kafiyah, Syarah asy-Syafiyah li
Luthfillah al-Dhiyats, dan Syarah ar-Ridha 'alal Kafiyah.
8. as-Sayyid al-Allamah Abdullah bin Husain, beliau belajar
kepadanya Syarah al-Jami 'alal Kafiyah.
9. al-Allamah Hasan bin
Isma'il al-Maghribi, beliau belajar kepadanya Syarah asy-Syamsiyyah oleh
al-Quthb dan Syarah al-'Adhud 'alal Mukhtashar serta mendengarkan darinya
Sunan Abu Dawud dan Ma'alimus Sunan.
10. as-Sayyid al-Imam Abdul Qadir bin Ahmad, beliau belajar
kepadanya Syarah Jam'ul Jawami' lil Muhalli dan Bahruz Zakhkhar serta mendengarkan
darinya Shahih Muslim, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasai, Sunan Ibnu Majah,
Muwaththa' Malik, dan Syifa' Qadhi 'Iyadh.
11. al-Allamah Hadi bin Husain al-Qarani, beliau belajar kepadanya
Syarah al-Jazariyyah.
12. al-Allamah Abdurrahman bin Hasan
al-Akwa', beliau belajar kepadanya Syifa' al-Amir Husain.
13. al-Allamah Ali bin Ibrahim bin Ahmad bin Amir, beliau
mendengarkan darinya Shahih Bukhari dari awal hingga akhir.
Murid-murid Beliau
Di antara murid-murid beliau ialah: kedua putra beliau yakni al-Allamah Ali bin Muhammad asy-Syaukani dan al-Qadhi Ahmad bin Muhammad asy-Syaukani, al-Allamah Husain bin Muhasin as-Sab'i al-Anshari al-Yamani, al- Allamah Muhammad bin Hasan asy-Syajni adz-Dzammari, al-Allamah Abdul Haq bin Fadhl al-Hindi, asy-Syarif al-Imam Muhammad bin Nashir al-Hazimi, Ahmad bin Abdullah al-Amri, as-Sayyid Ahmad bin Ali, dan masih banyak lagi.
Kehidupan Ilmiah Beliau
Beliau belajar fiqih atas madzhab al-Imam Zaid sampai menguasainya. Beliau menulis dan berfatwa sehingga menjadi pakar dalam madzhab tersebut. Kemudian beliau belajar ilmu hadits sehingga melampaui para ulama di zamannya. Kemudian beliau melepaskan diri dari ikatan taklid kepada madzhab Zaidiyyah dan mencapai tingkat ijtihad.
Beliau menulis kitab Hadaiqil Azhar al-Mutadaffiq 'ala Hadaiqil Azhar. Dalam kitab tersebut beliau mengkritik beberapa permasalahan dalam kitab Hadaiqil Azhar yang merupakan rujukan utama madzhab Zaidiyyah dan meluruskan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam kitab tersebut. Maka bergeraklah para muqallidin (orang yang selalu taklid, mengikuti pendapat orang lain tanpa berusaha mencari ilmunya) membela kitab tersebut sehingga terjadilah perdebatan yang panjang.
Tidak henti-hentinya beliau mengingatkan umat dari taklid yang tercela dan mengajak umat agar ittiba' kepada dalil. Beliau menulis risalah dalam hal tersebut yang berjudul al-Qaulul Mufid fi Hukmi Taqlid.
Beliau menjabat Sebagai Qadhi negeri Yaman
Pada tahun 1209 H meninggallah Qadhi Yaman, Syaikh Yahya bin Shalih asy-Syajari as-Sahuli. Maka Khalifah al-Manshur meminta kepada al-Imam asy-Syaukani agar menggantikan Syaikh Yahya sebagai qadhi negeri Yaman.
Pada awalnya beliau menolak jabatan tersebut karena takut akan disibukkan dengan jabatan tersebut dari ilmu. Maka datanglah para ulama Shan'a kepada beliau meminta agar beliau menerima jabatan tersebut, karena jabatan, tersebut adalah rujukan syar'i bagi para penduduk negeri Yaman yang dikhawatirkan akan diduduki oleh seseorang yang tidak amanah dalam agama dan keilmuannya. Akhirnya beliau menerima jabatan tersebut. Beliau menjabat sebagai Qadhi Yaman hingga beliau wafat pada masa pemerintahan tiga khalifah: al-Manshur, al-Mutawakkil, dan al-Mahdi. Ketika beliau menjabat sebagai qadhi maka keadilan ditegakkan, kezhaliman diberi pelajaran, penyuapan dijauhkan, fanatik buta dihilangkan, dan beliau selalu mengajak umat kepada ittiba' terhadap Kitab dan Sunnah.
Wafatnya
beliauDi antara murid-murid beliau ialah: kedua putra beliau yakni al-Allamah Ali bin Muhammad asy-Syaukani dan al-Qadhi Ahmad bin Muhammad asy-Syaukani, al-Allamah Husain bin Muhasin as-Sab'i al-Anshari al-Yamani, al- Allamah Muhammad bin Hasan asy-Syajni adz-Dzammari, al-Allamah Abdul Haq bin Fadhl al-Hindi, asy-Syarif al-Imam Muhammad bin Nashir al-Hazimi, Ahmad bin Abdullah al-Amri, as-Sayyid Ahmad bin Ali, dan masih banyak lagi.
Kehidupan Ilmiah Beliau
Beliau belajar fiqih atas madzhab al-Imam Zaid sampai menguasainya. Beliau menulis dan berfatwa sehingga menjadi pakar dalam madzhab tersebut. Kemudian beliau belajar ilmu hadits sehingga melampaui para ulama di zamannya. Kemudian beliau melepaskan diri dari ikatan taklid kepada madzhab Zaidiyyah dan mencapai tingkat ijtihad.
Beliau menulis kitab Hadaiqil Azhar al-Mutadaffiq 'ala Hadaiqil Azhar. Dalam kitab tersebut beliau mengkritik beberapa permasalahan dalam kitab Hadaiqil Azhar yang merupakan rujukan utama madzhab Zaidiyyah dan meluruskan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam kitab tersebut. Maka bergeraklah para muqallidin (orang yang selalu taklid, mengikuti pendapat orang lain tanpa berusaha mencari ilmunya) membela kitab tersebut sehingga terjadilah perdebatan yang panjang.
Tidak henti-hentinya beliau mengingatkan umat dari taklid yang tercela dan mengajak umat agar ittiba' kepada dalil. Beliau menulis risalah dalam hal tersebut yang berjudul al-Qaulul Mufid fi Hukmi Taqlid.
Beliau menjabat Sebagai Qadhi negeri Yaman
Pada tahun 1209 H meninggallah Qadhi Yaman, Syaikh Yahya bin Shalih asy-Syajari as-Sahuli. Maka Khalifah al-Manshur meminta kepada al-Imam asy-Syaukani agar menggantikan Syaikh Yahya sebagai qadhi negeri Yaman.
Pada awalnya beliau menolak jabatan tersebut karena takut akan disibukkan dengan jabatan tersebut dari ilmu. Maka datanglah para ulama Shan'a kepada beliau meminta agar beliau menerima jabatan tersebut, karena jabatan, tersebut adalah rujukan syar'i bagi para penduduk negeri Yaman yang dikhawatirkan akan diduduki oleh seseorang yang tidak amanah dalam agama dan keilmuannya. Akhirnya beliau menerima jabatan tersebut. Beliau menjabat sebagai Qadhi Yaman hingga beliau wafat pada masa pemerintahan tiga khalifah: al-Manshur, al-Mutawakkil, dan al-Mahdi. Ketika beliau menjabat sebagai qadhi maka keadilan ditegakkan, kezhaliman diberi pelajaran, penyuapan dijauhkan, fanatik buta dihilangkan, dan beliau selalu mengajak umat kepada ittiba' terhadap Kitab dan Sunnah.
Al-Imam asy-Syaukani Rohimahullah wafat pada malam Rabu 27 Jumada Tsaniyyah 1250 H di Shana. Semoga Allah meridhai beliau dan menempatkan beliau dalam keluasan jannah-Nya.
Rujukan
Tarjamah al-Imam asy-Syaukani oleh Syaikh Husain bin Muhsin al-Anshari al-Yamani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar